Pak Beye Kritik Guru

INILAH.COM, Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengkritik belum optimalnya kinerja guru meski sudah mendapatkan peningkatan kesejahteraan.

Kritik itu disampaikan SBY dalam sambutannya pada acara puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2011 dan HUT PGRI ke-66 di Sentul International Convention Centre, Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/11/2011).

“Saya ingin memberi koreksi, terkait banyak yang lulus sertifikasi, akibatnya banyak yang sudah terima tunjangan profesi dan khusus dengan demikian  kesejahteraan mereka pun meningkat, tapi saya masih mendapat masukan, kinerja mereka ternyata belum berubah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu SBY juga merintahkan agar sekolah-sekolah yang rusak harus diperbaiki dalam kurun waktu tiga tahun mendatang. “Infrastruktur di daerah yang masih jelek ada 10 sampai 15 persen, ini mesti diselesaikan 3 tahun mendatang,” ujar SBY.

SBY bahkan meminta guru-guru sekolah yang bersangkutan agar terlibat yaitu ikut mengawasi dan memantau proses perbaikan tersebut hingga selesai tepat dalam tiga tahun.

Untuk anggaran pendidikan tahun 2012 mendatang, masih kata SBY, pemerintah akan mengajukan sebesar Rp289,6 triliun. Nilai ini meningkat dari anggaran tahun ini yaitu sebesar Rp866,9 triliun. Pemerintah yakin, DPR akan menyetujui karena ini berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan. [mah]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s